Sebelumnya dikenal sebagai OpenERP, Odoo adalah perangkat lunak atau software yang digunakan untuk membantu melakukan Perencanaan Sumber Daya Perusahaan atau Enterprise Resource Planning (ERP). Software ini merupakan sumber terbuka atau open source yang cukup komprehensif. Oddo menawarkan banyak rangkaian modul bisnis terintegrasi, Customer Relationship Management (CRM), e-commerce, akuntansi, penagihan, manajemen inventaris, manajemen proyek, manajemen gudang, keuangan manajemen, manufaktur dan pembelian.
Semua modul ini bertujuan untuk berkomunikasi secara efisien dan lancar satu sama lain untuk bertukar informasi. Terdiri dari lebih dari 30 modul utama yang diperbarui secara berkala, Odoo juga dilengkapi dengan lebih dari 16.000 aplikasi / plug-in pihak ketiga yang tersedia di toko aplikasi mereka. Mengingat Odoo merupakan sistem modular, pelanggan dapat memulai dengan subset alat dan menambahkan modul sesuai kebutuhan.
Tersedia di cloud atau di lokasi dan dapat digunakan oleh bisnis dari semua ukuran, dengan sifatnya yang open source maka software Odo dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Selain itu Odoo juga dapat berintegrasi dengan sistem lain, termasuk pemroses pembayaran dan sistem pengiriman eksternal, seperti Amazon, eBay, UPS, FedEx, dan QuickBooks. Datang dengan pilihan berbayar dan gratis Odoo yang dapat digunakan di iOs dan Android, mari simak langkah pada Odoo dibawah ini :
- Langkah pertama yaitu cari Odoo di Laman pencarian
- Langkah kedua, klik sign-in jika sudah pernah mendaftar, klik coba sekarang untuk mendaftar dan mencoba trial
- Langkah selanjutnya karena sebelumnya saya sudah pernah mendaftar, saya melanjutkan memasuki akun melalui sign-in
- Nah disini kita dapat memilih fitur-fitur terbaik yang ada diodoo
- Selanjutnya kita dapat memilih fitur sesuai dengan kebutuhan
- Accounting, Odoo juga membantu dalam mengotomatiskan seluruh proses faktur, memungkinkan pelanggan menghemat waktu dalam entri data. Pengguna juga mendapatkan akses instan ke semua fitur akuntansi di perangkat seluler mereka. Dengan beberapa klik saja maka perusahaan juga dapat secara otomatis melacak aset dan papan penyusutan dan menghasilkan entri amortisasi, serta mengelola semua peristiwa yang terkait dengan aset.
- E-commerce, dengan platform e-commerce terintegrasi, inventaris dan penjualan dapat dengan mudah dipertahankan melalui penyesuaian dan pelaporan stok otomatis. Portal pelanggan khusus akan membantu menjaga data pelanggan tetap teratur dengan pelacakan pesanan dan klaim, sehingga memungkinkan pelanggan mengunduh faktur dan pesanan pengiriman, serta melihat pengiriman yang tertunda dari satu lokasi.
- CRM, Odoo menawarkan antarmuka pengguna intuitif yang dirancang untuk penjualan dan dasbor yang memberikan gambaran luas tentang aktivitas penjualan. Selain itu, Odoo juga mempermudah penggunanya dengan memberikan tips dan praktik terbaik yang berguna untuk memungkinkan pelanggan mengonfigurasi dan menerapkan CRM mereka secara strategis. Antarmuka pengguna seluler Odoo mengakomodasi anggota tim penjualan terdistribusi, bahkan jika digunakan tanpa koneksi internet sekalipun.
- Manufacturing, perusahaan dapat menggunakan Odoo untuk mengelola semua perakitan dan operasi manufaktur mereka. Odoo akan secara otomatis memicu pemeriksaan kualitas untuk departemen manufaktur sehingga ini akan mempersingkat pekerjaan.
- Employee, dengan memanfaatkan modul karyawan Odoo, perusahaan dapat mengumpulkan dalam satu database semua informasi mengenai setiap karyawan, mencatat status setiap karyawan, jabatan, jenis kontrak, serta tanggal dan jadwal. Pelanggan juga dapat membuat lembar waktu mingguan dan bulanan dan melacak waktu yang dihabiskan oleh karyawan per proyek.
- Inventory, manajemen inventaris entri ganda Odoo yang unik memungkinkan pelacakan penuh terhadap bahan dan produk dari pemasok ke pelanggan. Pelanggan dapat mengemas dan mengirimkan pesanan dengan atau tanpa pemindai kode batang. Odoo menyiapkan pesanan pengiriman untuk pelanggan berdasarkan ketersediaan.