ODOO
Odoo adalah perangkat lunak atau
software yang digunakan untuk membantu melakukan Perencanaan Sumber Daya
Perusahaan atau Enterprise Resource Planning (ERP). Software ini merupakan
sumber terbuka atau open source yang cukup komprehensif. Oddo menawarkan banyak
rangkaian modul bisnis terintegrasi, Customer Relationship Management (CRM),
e-commerce, akuntansi, penagihan, manajemen inventaris, manajemen proyek,
manajemen gudang, keuangan manajemen, manufaktur dan pembelian.
Sistem ERP Odoo adalah perangkat
lunak perencanaan sumber daya perusahaan yang digunakan di seluruh perusahaan
untuk pengelolaan proses bisnis. Odoo menyediakan aplikasi bisnis fungsional
terintegrasi yang disebut aplikasi Odoo yang membentuk solusi ERP saat
digabungkan. Jika Anda tertarik menggunakan Odoo, maka software dengan sumber
terbuka ini tersedia dengan harga berlangganan SaaS sebagai edisi Enterprise
atau sebagai versi Community bagi pengguna gratisnya. Sedangkan daftar dibawah
ini adalah beberapa aplikasi yang ditunjang oleh Odoo :
-
Pembuat
situs web dengan Odoo CMS (Content Management System)
-
Perencanaan
-
Akuntansi
-
Faktur
atau invoice
-
Berlangganan
-
Manajemen
inventaris dan manajemen gudang
-
Konsolidasi
-
CRM
(Customer Relationship Management)
-
Sumber
daya manusia, termasuk aplikasi untuk Rekrutmen dan Referensi Karyawan
- Pemasaran
yang termasuk aplikasi untuk otomasi pemasaran, pemasaran email, dan e-commerce
media sosial
-
Manajemen
proyek
-
Timesheets
-
Manufaktur
MRP
-
Servis
lapangan
-
Titik
penjualan
-
Helpdesk
untuk dukungan pelanggan
-
Manajemen
Siklus Hidup Produk/Product Lifecycle Management (PLM)
Keuntungan dan
Manfaat Menggunakan Odoo Bagi Bisnis
Fitur Odoo diatas cukup mencakup
banyak pilihan aplikasi bisnis untuk banyak kebutuhan bisnis dan industri yang
berbeda dengan keperluan mereka masing- masing dimana bisnis hanya membayar
aplikasi yang mereka butuhkan. Untuk kebutuhan CRM, bisnis dapat menggunakan
aplikasi CRM Odoo atau Salesforce. Sangat mudah untuk mengintegrasikan Odoo dan
aplikasi pihak ketiga dengan mulus untuk merampingkan proses bisnis Anda untuk
melakukan operasional perusahaan, manajemen bisnis, dan manajemen keuangan.
Setiap bisnis modern saat ini mungkin
sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan dan mengimplementasikan Odoo dalam
operasional mereka karena Odoo menawarkan keuntungan dan manfaat yang menarik
seperti :
- Menawarkan biaya
yang rendah
- Kemudahan penggunaan
- Menawarkan dan
memiliki pilihan aplikasi Odoo yang lengkap
- Telah terintegrasi
dengan banyak aplikasi perangkat lunak tambahan pihak ketiga
- Menawarkan versi gratis Odoo yang disebut Komunitas (Community)
Bitrix24
Bitrix merupakan satu platform terintegrasi untuk semua
aktivitas anda meliputi manajemen proyek, chat, penyimpanan dokumen, email,
kontak, hingga telepon.
Bitrix24
dirancang untuk membuat komunikasi lebih mudah semudah mengakses facebook dan
berkomunikasi dengan kolega Anda. Sekarang bayangkan berkomunikasi dengan
tim Anda di satu perusahaan seperti berkomunikasi melalui
facebook. Bitrix24 menyediakan fitur manajemen tugas, manajemen dokumen,
dan manajemen waktu sehingga meningkatkan efisiensi dan
komunikasi. Bitrix24 dilengkapi dengan aplikasi iOS dan Android
Bitrix24
memiliki fitur manajemen proyek dan aktivitas untuk mendelegasikan tugas dan
aktivitas ke tim Anda. Anda dapat membuat grup untuk berdiskusi dan
berbagi tentang proyek yang sedang dikerjakan tim Anda. Anda dapat dengan
mudah melacak kinerja proyek. Tugas yang diterima dapat diintegrasikan ke dalam
kalender perusahaan.
Bagikan
dokumen Anda ke Bitrix24 sehingga dapat diakses oleh tim di perusahaan
Anda. Presentasi, dokumen, video, dll dapat diunduh untuk kerja tim maupun
data pribadi. Anda dapat dengan mudah mencari dokumen dengan fitur
pencarian hingga ke konten dokumen.
Anda
dapat dengan mudah mengkoordinasikan jadwal tim Anda dengan fitur sinkronisasi
melalui outlook, android, iPhone, dll. Gunakan fitur pengingat untuk
mengingatkan acara. Bagikan kalender aktivitas Anda di iPhone, iPad, atau
Android.
Bitrix24
CRM memudahkan tim penjualan untuk berinteraksi dengan pelanggan, mencatat
aktivitas interaksi dengan klien, mitra, agen, dan lainnya. Semua data
kontak, jadwal rapat, kegiatan, proposal, hingga faktur dapat disimpan ke dalam
CRM. Anda dapat dengan
mudah melihat riwayat data pelanggan Anda dari penawaran hingga penjualan. Laporan
kinerja tim penjualan Anda dapat dipantau sehingga Anda dapat mengetahui
kinerja tim penjualan mana yang lebih baik.
Sebagai
sistem HRMS, Bitrix24 dapat menyimpan direktori data karyawan, laporan harian
karyawan, dan mengajukan cuti. Anda juga dapat membuat data struktur
perusahaan. Selain itu, karyawan dapat mengajukan permohonan reimburse,
cuti, permintaan barang, dll melalui fitur HRMS.
Aplikasi
mobile bitrix24 digunakan sebagai portal intranet perusahaan, sistem CRM, dan
sistem HRMS. Cukup pasang aplikasi di android atau iOS dan tim Anda dapat
mengajukan cuti, membuat laporan kerja, membuat jadwal kegiatan di mana pun
mereka berada menggunakan smartphone mereka.